Film & MusikHiburan

Polling SMS Indonesian Idol dan Panjangnya Drama Netizen

biem.co — Indonesian Idol, ajang pencarian bakat yang masih eksis hingga 14 tahun ini sudah lebih dari sebulan kembali hadir mengisi tontonan masyarakat. Hingga musim ke sepuluh pada tahun 2018, Indonesian Idol masih menggunakan layanan sms sebagai juri utama dalam penentuan lanjut tidaknya para peserta.

Saat babak Showcase 1, persoalan “Indonesia Memilih” yang selalu digaungkan pembawa acara dalam result­-nya, kerap membuat netizen sama deg-degannya dengan peserta yang ada di sana. Netizen seakan-akan sudah siap melontarkan kecaman-kecaman apabila yang dijagokan tidak lolos dan harus pulang.

Ketika itu, Bianca Jodie, peserta asal Yogyakarta berhasil lolos mengisi 10 kursi dengan polling sms teratas. Netizen geram, sebab malam itu penampilan Jodie terbilang kurang maksimal. Sementara, Irine dan Amev yang dikatakan tampil lebih bagus, gagal menduduki 5 kursi tambahan.

“Jodie, mohon maaf sekali malam ini menurut saya kamu gagal di awal, karena suara kamu sangat fals di depan,” kata Maia, saat menjadi komentator pertama. Berbeda dengan Maia, Bunga Citra Lestari (BCL) justru merasa kebalikannya. “Sejujurnya, aku nggak denger kamu fals. Kamu penyanyi yang menggunakan perasaan, aku anggep fals-fals dikit nggak masalah.”

“Bukan fals dikit. Hari ini fals banyak!” tambah Maia lagi. “Aku dengernya dikit. Sabar Jodie, orang selalu pro-kontra sama kamu, kamu maju terus,” balas BCL.

Bukan hanya Jodie, BCL pun akhirnya ikut terbawa komentar-komentar bully. “Maia, galak tapi realistik. BCL, baik tapi ga rasional,” tulis salah satu netizen di kolom komentar.

Pada Showcase 2 tadi malam, Jodie bisa bernapas lega sedikit, karena lagu Perfect dari Ed-Sheeran mendapat komentar aman. Akan tetapi, tidak dengan Mona dan Whitney, dua peserta yang berasal dari NTT dan Ambon ini dinilai kurang oleh kelima juri.

“Kalo seandainya 15 orang malam ini divote oleh juri, saya termasuk yang tidak memilh kamu malam ini,” ujar Maia kepada Mona Magang yang kemudian disoraki pendukungnya. Sementara kepada Whitney, Maia merasa cara menyanyinya tidak mencerminkan isi dalam lirik lagu tersebut. “Kamu nyanyinya hardless, nggak ada rasanya,” ungkap Maia.

Namun, keduanya disebutkan Daniel sebagai yang lolos karena menempati 10 polling tertinggi. Sementara itu, JK, Naomi, Billy, Kevin, dan Ayu, peserta yang dinilai memukau oleh juri kalah oleh hasil perolehan. Terlebih lagi, JK, Naomi, dan Billy harus berlapang dada menyelesaikan perjalanannya di kompetisi, karena Kevin dan Ayu yang terpilih diselamatkan oleh juri.

Kesal menerima keputusan hasil perolehan, banyak netizen akhirnya mencurahkan perasaan di kolom komentar YouTube.

“Asli ini yang gua gasuka dari kompetisi dengan format sms—ketika apa yang banyak disukai dan memiliki karakter tidak terpilih karena kalah sms doang,” tulis Dery Putra.

“Harusnya voting lewat internet aje, jaman sekarang orang pada kagak punya pulsa!” kata Rama Hagy.

“Joshua benar… Bakat akan selalu kalah sama mayoritas. Dalam kasus ini, idola netter bakal lolos. Yang berbakat tapi pemilih kurang, bakal tersisih,” dari Sugiarto Kahar. Dan komentar-komentar lainnya yang terkesan terlalu menjudge orang per orang.

Sebenarnya, kalau netizen mau berkaca pada musim-musim sebelumnya, peserta-peserta yang terbilang underdog seperti Dirly (2006) dan Igo (2010) karena penampilannya yang sering tidak memuaskan juri, bisa sedikit demi sedikit tampil lebih baik. Hingga keduanya berhasil menuju ke babak final tanpa mendapat keraguan dari para juri. Dirly pun terpilih sebagai juara 2 pada musim ketiga pada waktu itu, sementara Igo berhasil mengalahkan Citra Scholastika di musim keenam.

Pengalaman ini pasti juga bisa berlaku untuk Jodie, Whitney, Mona, dan peserta-peserta lainnya. Gagal memberikan penampilan terbaik satu atau dua kali bukan berarti akan gagal selamanya, lho. Jadi berhenti bullying, ya, Sob. Orang si JK aja udah tabah, moso’ kamu nggak?

“Selamat pagi! Terimakasih semuanya. Ingat, manusia boleh berencana tapi tuhanlah yang berhak memutuskan. Intinya aku bahagia dan terharu dengan semua yang ada di hidupku ini, oh iyaa jangan lupa nonton terus Indonesian Idol ya!,” tulis JK yang diiringi dengan emoticon hati di Instagram storynya.

Ditunggu cover lagu indie lainnya, Jek! (HH)

Editor : Redaksi

Tulisan yang Tak Kalah Menarik

Back to top button