InspirasiOpini

Hei Mahasiswa, Ini Daftar Kesalahan yang Perlu Kamu Hindari!

 

biem.co — Mahasiswa bisa dibilang merupakan predikat untuk seseorang yang sedang mengalami peralihan dari masa remaja menuju masa dewasa.

 

Masa-masa menjadi mahasiswa adalah masa-masa indah dan merupakan masa penentuan seseorang untuk mendapatkan masa depannya. Persoalan jurusan kuliah, kualitas belajar, hardskill dan softskill, hingga persoalan penentuan mau ngapain selepas kuliah juga hal yang menjadikan mahasiswa banyak menguras tenaga dan pikirannya. Saking banyaknya hal yang mesti diperhatikan oleh mahasiswa, banyak juga kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa ketika masih kuliah, baik itu disengaja maupun tidak.

 

Nah, buat kamu para mahasiswa, perlu tahu kesalahan-kesalahan yang harus dihindari ketika kuliah. Check this out!

 

Salah pilih jurusan kuliah

Well, sebenarnya ini merupakan hal yang penting sekaligus menggalaukan. Bagaimana tidak? Bayangkan saja ketika kamu diterima di perguruan tinggi tetapi tidak sesuai dengan jurusan yang kamu inginkan. Di satu sisi, kamu bersyukur karena telah diterima dan berhasil mengalahkan ratusan bahkan ribuan orang lainnya di SNMPTN atau di tes SBMPTN. Di sisi lain, kamu galau apakah tetap mengambil jurusan itu atau kamu ikut tes lagi agar masuk ke jurusan yang kamu inginkan. Hmm… ini sepenuhnya menjadi hak kamu. Memang banyak yang mengatakan bahwa jurusan apapun ketika kuliah itu nantinya pasti akan dibutuhkan kok di dunia selanjutnya (selepas kuliah). Percayalah bahwa semua ilmu itu pasti berguna. Untuk apa jurusan itu ada jika tidak ada yang membutuhkan? Nah, persoalan yang kemudian muncul adalah “Apakah kita benar-benar bisa enjoy ketika harus belajar sesuatu yang kurang kita sukai?” Itulah pertanyaan yang benar-benar harus kamu renungkan sebagai mahasiswa. Jangan sampai, kamu salah jurusan, kemudian jadi nggak serius belajarnya, dan jadi sarjana “abal-abal”. So, pastikan dari sekarang, apakah kamu benar-benar yakin dengan jurusan yang sedang kamu ambil? Masa depan yang sedang kamu pertaruhkan.

 

Baca juga: Hei Mahasiswa, Ini 6 Etika Dasar Kehidupan yang Harus Kamu Ketahui

 

Sulit mengatur waktu

Nah, ini sebenarnya adalah persoalan dari banyak orang. Untuk mahasiswa, biasanya mengalami kesulitan dalam mengatur waktu antara kuliah, organisasi, sosial, keluarga, atau bahkan kerja (bagi yang bekerja sambil kuliah). Persoalan pengaturan waktu ini penting banget, lho. Karena jika kita salah dalam mengatur waktu, semuanya bisa menjadi berantakan. Pastikan kamu tahu bagaimana caranya mengatur waktu. Resep simpelnya begini: tetapkan mana prioritasmu mulai dari yang paling penting sampai yang kurang penting. Lakukanlah yang paling penting terlebih dahulu, baru kemudian lakukan hal-hal yang lain. Dengan begitu, dijamin kamu bisa mendapatkan tujuanmu tanpa harus risau lagi soal pembagian waktu.

 

Sulit mengatur uang

Sebagai mahasiswa, kita memang belum sepenuhnya mandiri. Masih minta uang ke orangtua, kan? Itu adalah salah satu tanda bahwa kita memang belum seratus persen mandiri. Itulah mengapa kita perlu pintar-pintar dalam mengatur keuangan. Banyak mahasiswa yang sering kehabisan uang sebelum waktunya. Bahkan bagi mereka yang punya banyak uang. Karena sebenarnya kondisi keuangan itu bukan pada jumlahnya, tetapi pada manajemennya. Percuma punya banyak uang, tapi nggak bisa ngaturnya, dan akhirnya uang habis sebelum waktunya. Nah, buat kamu para mahasiswa, apalagi mahasiswa rantau, perlu banget tahu gimana caranya mengatur keuangan. Caranya, kamu perlu membuat list kebutuhanmu selama tempo waktu tertentu. Kemudian sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Tetapkan prioritas. Dengan begitu, kamu jadi tahu harus menyisihkan berapa untuk A, B, C, D, E, dll.

 

Baca juga: Kamu Mahasiswa? Dengan 7 Peluang Bisnis Jasa Sederhana Ini, Kamu Bisa Menambah Uang Saku!

 

Sulit mengatur perasaan

Nah ini dia! Kebanyakan cewek-cewek atau kaum hawa nih yang biasanya kesulitan dalam mengatur perasaannya sendiri. Cewek memang lebih gampang baper sih alias bawa perasaan. Baper ini bukan hanya dalam hal percintaan, lho. Bisa jadi juga dalam hal pertemanan dan perkuliahan. Baper sama temen sendiri, baper sama dosen sendiri, dan baper sama yang lain-lain. Buat kamu mahasiswa, harus pandai-pandai mengatur kondisi emosional diri sendiri ya. Kenapa? Karena perasaan atau kondisi emosional itu bisa mempengaruhi banyak hal dalam hidup. Misal nih, gara-gara baper terus badmood, jadi malas ngerjain tugas. Padahal tugas itu wajib banget. Nah, maka dari itu, harus pinter-pinter dalam mengatur emosi sendiri ya!

 

Baca juga: Kamu Mahasiswa dan Belum Coba Aplikasi 'Pembantu' Ini? Kasian Deh!

 

Kesalahan dalam proses belajar

Nih buat kamu para mahasiswa, pasti kebiasaannya SKS ya? Alias sistem kebut semalam. Ini sebenarnya adalah metode belajar paling umum dan justru salah. Proses belajar yang benar itu seharusnya dimulai sedikit demi sedikit tapi rutin. Daripada nggak pernah belajar, sekalinya belajar sudah H-1 ujian. Nah itu salah banget. Mulai sekarang harus diubah ya kebiasaannya. Jangan kayak anak SMA lagi.

 

Kurang percaya diri

Mahasiswa kok kurang percaya diri? Gimana nih? Mahasiswa itu harapan bangsa, lho. Jadi buat kamu-kamu yang masih merasa kurang percaya diri, mulai sekarang harus berubah! Jangan terus-terusan jadi minder, karena bangsa ini butuh kamu! Gimana caranya menjadi percaya diri? Gali potensi kamu, asah terus, latihan terus. Lama-lama kamu bisa jadi orang yang lebih percaya diri. Percayalah bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Suka menunda-nunda

Ini juga kesalahan kebanyakan mahasiswa, nih. Kalau punya tugas, ngerjainnya mepet hari H. Jangan suka menunda-nunda ya, wahai para mahasiswa! Kenapa? Satu pekerjaan yang kamu tunda itu bisa beranak-pinak dengan tugas-tugas lain yang juga kamu tunda-tunda. Ibaratnya, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Daripada ditunda, mending dikerjain dikit-dikit, nanti nggak kerasa udah selesai aja kerjaannya. Tips jitu supaya kamu nggak menunda adalah, bagi tugasmu menjadi bagian-bagian kecil sehingga kamu lebih mudah mengerjakannya. Kalau lihat tugas yang banyak kan bawaannya males, tuh! Nah, solusinya adalah dengan membagi tugas tersebut menjadi tugas-tugas yang kecil supaya lebih enak ngerjain-nya.

 

Setelah kuliah nggak tahu mau ngapain

Wah… wah… wah… poin terakhir ini sangat berkaitan dengan poin pertama, yaitu soal “pilih jurusan”. Jurusan yang kamu pilih sekarang ini akan sangat berpengaruh di masa depan. Kamu mau ngapain, mau kerja apa, mau jadi apa, itu dipengaruhi oleh jurusan yang sedang kamu ambil sekarang. Kamu belajar selama kurang lebih empat tahun menimba ilmu di jurusan yang kamu ambil, itu akan sangat mempengaruhi cara berpikir kamu dan caramu dalam menyelesaikan masalah. Secara otomatis, itu akan mempengaruhi bidang pekerjaan yang cocok untuk kamu di masa depan. So, pikirkan dari sekarang apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus kuliah supaya kamu tahu harus mengambil langkah apa sebagai jalan menuju tujuanmu nanti. Good luck, ya! 


Hasbiyansyah

Hasbiyansyah, mahasiwa Jurusan Komputer dan Sistem Informasi Universitas Gadjah Mada. Hasbi pernah bergiat di halaman sisipan "Galaxy Pelajar" tabolid Banten Muda tahun 2013. 

Editor :

Related Articles

Berikan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *